Warman Sanjaya “Kalau mau idealis, ya harus bertanggung jawab”

Warman Sanjaya “Kalau mau idealis, ya harus bertanggung jawab”

Warman Sanjaya, seorang musisi (drummer) muda yang berasal dari Yogyakarta ini akan menceritakan pengalamannya sebagai seorang musisi (drummer), yang dikemas dalam bentuk wawancara sederhana via IM beberapa waktu yang lalu.

Awal berkarir di musik (drum)?

Ya karena suka aja, terus pengen lebih detail ya.. sekolah di sekolah musik. SMA -nya di SMM (Sekolah Menengah Musik), lalu kuliahnya di ISI (Institut Seni Indonesia),
jurusan musik dengan minat utamanya musik pendidikan instrumen perkusi. Aku dulu awalnya maen diorkestra, main musik klasik, bukan drum tapi perkusi klasik. Setelah itu pengen belajar jazz, lalu gabung di komunitas jazz, kemudian bisa maen sama Kirana Big Band di Java Jazz. Setelah itu kepingin punya band indie, terus gabung di Armada Racun, belum puas dengan itu, terus pengen bikin project sendiri, ya jadilah Black Stocking :) . Selain di Armada Racun dan Black Stocking, aku gabung juga sama Risky Summerbee & the Honeythief.

Suka duka dalam bermusik?

Waduh apa ya? :D,  yang jelas harus realistis sih…, kalau mau idealis, ya harus bertanggung jawab. Seumpama punya band idealis perjuangan, tiap maen gak dibayar, salah satu tanggung jawabnya ya.. harus punya kerjaan lain yang bisa mem-backup, misalnya ngajar atau bisnis sesuatu yang menghasilkan gitu. Kalau lebih bagus lagi, bisa sekali jalan, project idealis sekalian jualan. Kalau untuk aku sih, profesi aku yang sedang aku jalani sekarang, dimana aku sedang belajar menjadi session player adalah kebutuhan idealis sama cari duit sekaligus :). Kita bisa nyaman maen ama project idealis kita, tapi juga harus berfikir realistis ketika kita maen buat cari duit, contohnya maen di cafe yang musiknya “bukan guwe banget”. Yang bikin seneng dan susahnya disitu. Kurang lebih gitu inti suka dan dukanya, ketika harus idealis dan ketika harus cari uang hehehe, apalagi yang basic musiknya kayak aku, bukan anak kuliah atau pegawai kantor yang maen musik lho :D.
Tapi, pada intinya emang harus konsisten sih, apaun keaadannya harus tetap jalan, kayak Risky Summerbee & the Honeythief , Melancholic Bitch, dll. Tapi memang harus bekerja keras kalau pengen nasional atau internasional.
Menurutku kalau pengen make money atau progress yang cepet, harus pindah dari Jogja, mulai merintis di Jakarta atau luar negeri. Makanya aku move dari Jogja, memang gak gampang, butuh banyak usaha hehehe.

Warman On Stage

Interaksi dalam kehidupan?

Kalau orang tua sih mendukung semuanya, terserah ke aku mau bagaimana, yah.. tetap bertanggung jawablah, paling tidak mandiri dengan bermusik. Kalau pacar belum ada,
adanya kimcil  hahaha. Yang jelas aku punya temen- temen yang selalu kasih support ke aku, teman apa saja, ya musik, ya kimcil, ya ampun hehehe.

Kesibukan sekarang?

Sekarang lagi asik mengajar (les drum), sama band- band-nan di Bali. Untuk di Bali ini aku lagi banyak main sama Erik and The Sounder’s , ini project bandku bareng sama basis-nya Black Stocking, kalau Black Stocking -nya sendiri lagi cari inspirasi :D, Udah satu tahun di Bali sini. Aku disini belajar jazz, lebih serius karena orang- orangnya lebih banyak dan bisa jadi acuan, banyak juga pemain jazz bule yang liburan kesini, jadi bisa sharing sama ngelatih mental maen sama londo. Kadang orang Indonesia snop sama londo, padahal gak semua londo itu jago atau pinter main musiknya.

Motivasi?

Yakin sama tujuan dan cita- cita, pengennya jadi musisi kelas dunia dan bisa stay di luar negeri, yah… ngimpi boleh to? yang penting usaha, masalah kesampaian dan enggaknya, biar Tuhan yang memutuskan hehehe…. Yakin, konsisten dan gak neko- neko, sederhana to? kayak Mario Teguh ya? hahaha

follow Warman Sanjaya Twitter @warmansanjaya . (nsbx)

One Response to Warman Sanjaya “Kalau mau idealis, ya harus bertanggung jawab”

  1. Michel Zazula says:

    Hawdy man! I absolutely agree with your views. I’ve just shared it on Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>